Khasiat Bawang Putih Untuk Gondok Tiroid

Khasiat Bawang Putih Untuk Gondok Tiroid

Pernahkah Anda Berfikir Jika Khasiat Bawang Putih Untuk Gondok Tiroid Itu Nyata ? Untuk Mengetahui Informasi Selengkapnya, Simak Artikel Ini Sampai Akhir !!

Khasiat Bawang Putih Untuk Gondok Tiroid

Kita pastinya sudah tidak asing lagi dengan jenis tanaman ini. Tanaman yang sering dijadikan sebagai pelengkap bumbu masakan ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa dalam mengatasi berbagai keluhan kesehatan dan salah satunya kelenjar tiroid.

Bawang putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Source : Wikipedia

Lalu Apa Khasiat Bawang Putih Untuk Gondok Tiroid ?

Gale Maleskey
                Gale Maleskey

Berdasarkan penjelasan dari seorang terapis gizi bernama Gale Maleskey berpendapat dalam bukunya yang berjudul “Nature’s Medicines: The Definitive Guide to health Supplements”, Bawang putih diketahui dapat mengurangi pembengkakan di leher akibat dari kelenjar tiroid yang membesar. dengan mengkonsumsi bawang putih mentah minimal tiga kali dalam seminggu dapat meningkatkan kesehatan tubuh serta menghentikan perkembangan gondok.

Bawang putih memang memiliki sejumlah kandungan yang sangat baik untuk tubuh salah satunya yaitu vitamin C, B6 serta beberapa mineral lainnya seperti kalium, kalsium, fosfor, selenium, seng, mangan, serta kandungan belerang jenis allicin yang membuat bau bawang putih cukup menyengat. Beberapa kandungan dari senyawa sulfur juga terdapat dalam bawang putih, seperti arginin, saponin, beta karoten, asam ferulic, geranol, dan polyphenol.

Selain khasiat bawang putih sangat bagus untuk kesehatan dan juga campuran masakan, tetapi jika dikonsumsi secara berlebih dapat menimbulkan efek samping, seperti dapat menyebabkan bau mulut (halitosis) dan bau badan, yang digambarkan sebagai “bau bawang” yang menyengat. Hal ini disebabkan oleh allyl methyl sulfide (AMS). AMS adalah cairan volatil yang diserap ke dalam darah selama metabolisme senyawa sulfur yang berasal dari bawang putih; dari darah, zat itu kemudian mengalir ke paru-paru (dan dari sana menuju ke mulut, menyebabkan bau mulut; lihat nafas bawang putih). Zat ini juga terakumulasi di kulit, di mana ia dipancarkan melalui pori-pori kulit.

Tidak hanya untuk gondok, bawang putih juga sangat efektif membantu mengatasi beberapa gangguan kesehatan lainnya, diantaranya :

Mengobati infeksi paru-paru

Sifat anti bakteri dan anti mikroba akan melawan kuman, bakteri, dan mikroba yang menjadi penyebab infeksi paru-paru. Rajin lah mengkonsumsi bawang putih 2 siung setiap hari.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Bawang putih mengandung antioksidan dan juga allicin. Kedua senyawa ini memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan melancarkan sistem peredaran darah dan juga menyehatkan arteri.

Mengobati keputihan

Bawang putih sudah merupakan resep herbal turun temurun dikarenakan zat-zat yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Cara mengobati keputihan dengan bawang putih dapat dikatakan cukup efektif. Mengkonsumsi bawang putih secara rutin bahkan dapat menghambat bakteri masuk pada area kewanitaan Anda. Anda bisa mengkonsumsi bawang putih dengan cara apapun asalkan rutin dan teratur. Begitulah cara mengobati keputihan dengan bawang putih.

Baca Juga : Manfaat Ciplukan Untuk Mengobati Kelenjar Tiroid

Mengobati sakit gigi

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Nah, anti-bakteri pada bawang putih akan segera membasmi. Dan juga kandungan analgesiknya ampuh untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat sakit gigi.

Mengobati sinusitis

Sifat anti bakteri pada bawang putih akan membantu mengurangi radang di rongga hidung sehingga bernapas akan menjadi lega dan juga mengurangi sakit kepala yang disebabkan oleh sinusitis.

Mengobati flu

Tidak hanya sinusitis saja, bahkan khasiat bawang putih juga dapat mengobati flu. Sifat anti bakteri dan anti mikroba akan membasmi bakteri dan mikroba penyebab flu.

Demikian itulah penjelasan mengenai khasiat bawang putih untuk mengobati gondok tiroid dan gangguan kesehatan lainnya, semoga bermanfaat dan bisa memberikan pengetahuan untuk anda.



Advertisement

Obat Kelenjar Tiroid Alami

Khasiat Bawang Putih Untuk Gondok Tiroid

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara Membuat Ramuan Obat Untuk Gondok Dari Tanaman Herbal
  2. Cara Pengobatan Gondok Dengan Ramuan Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*